Mengenal Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Islam

Nilai kemanusiaan dalam Islam adalah pokok ajaran muamalah yaitu "hubungan manusia dengan manusia".

Arti kemanusian sendiri adalah kepedulian, aktifitas sosial yang saling membantu dan bekerjasama. Jika kita mempelajari ayat-ayat Al Qur'an akan menemukan banyak sekali bahwa kehidupan manusia adalah untuk saling menolong dan membantu satu sama lain "nilai kemanusiaan".


Dan carilah apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan". (Q.S. al-Qashash, 28:77)

QS Al al-Qashash, 28:77 diatas jelaslah ada anjuran untuk berbuat baik kepada orang lain, bahkan Allah memberi contoh atas kebaikan Allah kepada manusia.

Terlebih bagi sesama umat Islam, mereka hubungan kemanusiaan mereka bagaikan saudara inilah yang menjadi dasar nilai kemanusiaan dalam Islam

"Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara. Oleh karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat". (Q.S. al-Hujarat, 49:10). 

Beberapa ayat tersebut di atas, jelas sekali membimbing umat manusia agar menjalin persaudaraan terhadap sesamanya. Saling berpesan mengenai kebenaran, ketabahan dan kesabaran. Dalam beberapa wasiat Nabi s.a.w. banyak sekali dipesankan agar umat manusia menjalin persaudaraan dengan sesamanya.

Nabi bersabda: "Engkau jumpai orang-orang yang beriman dalam hal saling mengasihi, saling mencintai dan berbaik hati antara mereka bagaikan tubuh yang satu..." (H.R. Muttafaq 'alaih).

 "Siapa yang tidak bersikap kasih terhadap sesamanya, maka Allah tidak akan mengasihinya." (H.R. Muttafaq 'alaih).

Islam meletakkan dasar-dasar persamaan derajat dan hak asasi bagi setiap diri manusia. Dengan konsepsi itu tertolaklah segala pandangan yang berlawanan dengan peradaban manusia yang luhur. Sebagai wujud dari kemanusiaan yang luas, Islam mengajarkan agar tetap memelihara kelestarian kehidupan alam semesta.

sumber: http://www.nu.or.id/