Indonesia Membangun Sekolah untuk Anak-Anak Suriah

source img: http://act.id/id/whats-happening/view/2656/lights-for-syria-agar-anak-anak-suriah-tetap-belajar
Program bantuan kemanusiaan Suriah terus bergulir dari kepedulian bangsa Indonesia. Sejak tahun 2012 berbagai lembaga kemanusiaan secara periodik mengirimkan bantuan kemanusiaan, baik berupa suplai makanan, pakaian dan peralatan untuk para pengungsi. Kali ini Indonesia membangun sekolah untuk anak-anak Suriah.


Amanah dari bangsa Indonesia terbaru, ACT mengirim bantuan yang dikemas dalam program membantu pendidikan anak-anak pengungsi Suriah.  Diberi nama Lights for Syria diwujudkan yang digalang oleh Aksi Cepat Tanggap - ACT dalam bentuk sekolah baru di Alayikha Camp dan melengkapi fasilitas sekolah di Salahuddin Camp di Provinsi Idlib.

Alayikha Camp, merupakan kamp pengungsian baru yang dibangun akibat serangan udara brutal yang dilakukan oleh Rusia dan pasukan Bashar Asad. Kamp yang terletak di provinsi Idlib, Suriah tersebut dihuni sekitar 215 keluarga, dan memiliki 195 anak-anak. Sementara di Salahudin Camp terdapat 7 orang lelaki dewasa dan 14 perempuan dewasa, sisanya 856 anak-anak.

Lights for Syria pada bulan Februari 2016 ini diturunkan dalam bentuk pembangunan gedung sekolah untuk anak-anak suriah. Staf Global Humanity Response ACT (GHR-ACT) Aisyah Darojati mengatakan, saat ini pembangunan sekolah sementara tersebut masih dalam proses pengadaan barang-barang yang akan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Program Lights for Syria di kamp Salahuddin diimplementasikan dalam bentuk memberikan dua buah proyektor beserta layarnya, serta dua buah laptop, printer, speaker, juga generator agar perangkat tersebut dapat digunakan walau listrik sedang dipadamkan.

Program ini bertujuan agar anak-anak yang terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk menyelamatkan diri, tidak harus terpaksa meninggalkan pendidikan mereka juga. Kegiatan belajar mengajar yang interaktif dan menarik diharapkan dapat mengembalikan semangat anak-anak Suriah untuk tetap menimba ilmu.

sumber act.id